Rabu, 18 Mei 2011

Survay dan Pemetaan : Spesialisasi Jurusan, Lulusannya Banyak Di Pesan Perusahaan


SMK Pekerjaan Umum (PU) Kota Malang memiliki kompetensi keahlian yang sangat spesifik dan langka di Jawa Timur, yaitu teknik survei dan pemetaan. Program ini hanya ada di dua SMK saja di jawa Timur (Jatim). Sayangnya meski lulusannya banyak diminati dunia kerja, namun peminat jurusan ini masih sedikit.
Jika dibandingkan dengan program keahlian yang lain, program ini lebih kecil peminatnya, padahal seringkali mereka diberi kesempatan oleh banyak perusahaan untuk bekerja paruh waktu meski belum selesai belajarnya. Perusahaan yang sering membutuhkan tenaga dari jurusan ini adalah perusahaan pengembang perumahan, surveyor, lembaga pemerintah, institusi, konsultan teknik, kontraktor dan sejenisnya.



Sebenarnya SMK PU memiliki banyak pilihan kompetensi keahlian di antaranya teknik survei dan pemetaan, teknik sepeda motor, teknik mekanik otomotif, teknik komputer dan jaringan dan teknik permesinan. Dan yang paling favorit adalah otomotif karena peralatan yang memadai baik untuk alat praktik maupun produksi. Selain itu program ini juga sudah terakreditasi A. Sementara program yang lain masih B dan dua program barunya yaitu sepeda motor dan Teknik Komputer dan Jaringan tak lama lagi akan di akreditasi Badan Akreditasi Nasional.
Di teknik survei dan pemetaan ini siswa sebenarnya mendapatkan kesempatan luas di dunia kerja. Bahkan saat ini sekolah bekerjasama dengan perusahaan di Jakarta yang siap menyalurkan lulusan untuk kerja. Terutama kebutuhan tenaga ini cukup tinggi dibutuhkan di luar pulau seperti Batam, Kalimantan, NTB dan NTT. Untuk meningkatkan kompetensi siswanya, tak jarang siswa dilibatkan dalam proyek survei yang dikerjakan guru dan mitra dunia usaha/dunia industri. Sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata dalam pengerjaan proyek pemetaan ini.
Untuk tempat praktik siswa juga biasanya ditempatkan di perumahan-perumahan seperti perumahan eksklusif Araya.
Untuk bisa menjadi ahli dalam pemetaan ini kata dia modal utamanya adalah kemampuan dalam bidang Matematika. Sebab untuk melakukan survey pemetaan dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam berhitung. Selain itu tentu saja mata harus sehat dan tidak buta warna.
SMK PU Malang tahun ini membuka pendaftaran untuk 320 siswa baru. Pendaftarannya akan dimulai 2 Mei hingga 15 Juli 2011 mendatang. SMK PU memiliki fasilitas bengkel dan laboratorium lengkap meliputi bengkel otomotif berstandar nasional, bengkel permesinan, bengkel survey dan pemetaan, lab komputer dan internet, serta lab bahasa. 

2 komentar:

Lindy Auw mengatakan...

Salam hormat,
Kami dari PT.Bhakti Putra Sejati, salah satu anak perusahaan dari Kapal Api Group.
PT.Bhakti Putra Sejati merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan singkong di Banjar, Kalimantan Selatan.
Saat ini kami sedang membutuhkan tenaga kerja dibidang,
- Survey & Pemetaan (Harus bisa menguasai alat ukur Total Station, dan mahir di bidang Autocad)
- Teknisi Alat Berat untuk Traktor dan Dozer

Bilamana SMK PU Malang memiliki alumni yang belum bekerja, bisa diinformasikan kepada mereka tentang kami.
Kami menunggu surat lamaran lengkap, bisa dikirimkan via email: bps.projectmanager@yahoo.com

Demikian atas kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT.Bhakti Putra Sejati.
Cabang Kalimantan Selatan.

Konsultan Pemetaan Yogjakarta mengatakan...

Kami PT. Global eksplorasi Indonesia membutuhkan banyak tenaga konsultan pemetaan di bidang survey dan lainnya.

Apabila ada dibutuhkan untuk bekerja di Yogjakarta dan sekitarnya